Secuil Sesal Wenger Usai Menampik Real Madrid

Mantan manajer Arsenal Arsene Wenger pernah menolak kesempatan melatih Real Madrid. Wenger tak menyangkal, keputusan itu meninggalkan sedikit penyesalan.

Selama 22 tahun melatih Arsenal, Wenger memenangi tiga gelar Liga Inggris, tujuh Piala FA dan Community Shield. Wenger juga bertanggung jawab atas the Invincible Arsenal, yang tercipta pada musim 2003/04.

Madrid diketahui beberapa kali mengajukan penawaran melatih, tapi toh ditolak Wenger. Pelatih berusia 69 tahun itu puas dengan keputusannya bertahan di London Utara sekalipun sama saja membuang kesempatan untuk menambah koleksi gelar juara.

“Tidak menyesal,” Wenger mengatakan kepada BeIN Sports. “Penyesalannya mungkin saya mengorbankan sedikit potensi juara melawan potensi kesetiaan, atau hasrat untuk membangun klub dan pengaruh yang saya punya pada klub untuk membangun klub ketika kami membangun stadion, melawan fakta bahwa saya mungkin saja akan memenangi lebih banyak trofi di tempat lain dan secara finansial sedikit dibatasi.”

“Pada akhirnya, saya bahagia pada apa yang sudah saya lakukan, menyelesaikan apa yang saya lakukan. Saya rasa sejak masih sangat muda saya sudah menginginkan untuk bekerja dengan cara seperti ini,” sambung pemilik julukan The Professor itu.

“Terkadang saya bertanya-tanya sedikit ‘sudahkah saya mengerjakannya dengan baik?’ Tapi saya pikir saya dulu berada di sebuah klub [Arsenal] di mana saya terpenuhi segala kebutuhan saya. Mengapa mengubahnya dan mungkin situasinya akan lebih bagus sih, tapi situasinya kurang membahagiakan dan situasinya kurang bisa untuk menancapkan pengaruh, di mana saya memiliki sedikit pengaruh di klub [Real Madrid]?

“Jadi saya memutuskan bahwa saya terus mencoba mengalami kisah cinta saya [di Arsenal],” Wenger menambahkan.

Arsene Wenger: Raheem Sterling Belum Setingkat Messi-Ronaldo

Raheem Sterling memang sedang bagus-bagusnya bersama Manchester City. Meski demikian, dia belum ada di tingkatan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Sterling sedang tajam-tajamnya bersama City. Dalam 11 pertandingan di semua ajang, dia sudah mencetak sembilan gol. Khusus di Liga Inggris, Sterling sudah mencetak enam gol.

Dalam dua musim terakhir, Sterling konsisten membukukan lebih dari 20 gol untuk City. Catatan terbaiknya untuk sementara ini 25 gol dalam satu musim, yang dicetak dalam 51 pertandingan bersama City musim lalu.

Catatan itu masih jauh dari pencapaian Messi atau Ronaldo. Keduanya pernah mencatatkan lebih dari 40 gol salam satu dekade.

Pencapaian terbaik Messi dalam satu musim sebanyak 73 gol bersama Barcelona di musim 2011/2012. Sementara itu, Ronaldo membukukan 61 gol bersama Real Madrid di musim 2014/2015.

Eks pelatih Arsenal, Arsene Wenger, mengakui bahwa Sterling memang sedang on fire. Da teringat dengan eks anak asuhnya di skuat The Gunners, Marc Overmars.

“Anda harus selalu berhati-hati, secara pribadi saya sekalu menyukai Sterling namun saat anda membahas pemain-pemain ini (Ronaldo dan Messi), anda membahas 50 gol semusim dalam 10 musim,” kata Wenger di Mirror.

“Jadi, saya menurut pendapat pribadi bahwa dia belum ada di sana, tapi dia merupakan salh satu pemain terkemuka di (Premier) League –yang mana salah satu terbaik di Eropa.”

“Saya selalu berpikir bahwa saat dia masih muda, saya berpikir bahwa dia mempunyai kecepatan luar biasa dan kuantitas kekuatan untuk mengulang kecepatan itu.”

“Baik dia dan (Leroy) San merupakan pekerja intens di liga, dia sangat cepat dalam dua yard awal, dia mengingatkan saya pada Marc Overmars. Tak bisa dihentikan,” dia menambahkan.