Robbie Keane Ledek Ronaldo

Robbie Keane bisa meledek Cristiano Ronaldo karena memiliki koleksi gol lebih banyak. Dia unggul dalam persaingan di Kualifikasi Piala Eropa.

Ronaldo mencetak gol ketiga untuk timnas Portugal dalam babak grup B Kualifikasi Piala Eropa di Stadion Rajko Mitic, Minggu (8/9/2019) dini hari WIB. Di akhir laga, Portugal menang 4-2 atas Serbia.

Kemenangan itu membuat Portugal sementara naik ke posisi kedua Grup B dengan raihan lima poin dari tiga laga. Juara Piala Eropa 2016 itu masih di bawah Ukraina, yang mengoleksi 13 poin dari 5 laga. Di saat bersamaan, Ukraina mampu membungkam Lithuania 3-0.

Bagi Ronaldo, gol itu merupakan koleksi ke-21 di Kualifikasi Piala Eropa. Jumlah gol itu masih kalah dengan milik Keane, yang bikin 23 gol sepanjang 18 tahun kariernya bersama Republik Irlandia.

Keane memamerkan koleksi golnya itu lewat Instastory. Dia meledek Ronaldo yang lebih sedikit memiliki koleksi gol sebelum Portugal bertanding dengan Serbia.

“Aku pikir kamu memiliki rekor cukup banyak,” Keane menuliskannya dan memberi angka 20 gol untuk Ronaldo dan 23 gol pada namanya.

Selain 21 gol di Kualifikasi Piala Eropa, Ronaldo sudah membuat 68 gol bersama timnas Portugal. Squawka mencatat jumlah itu membuat Ronaldo mencetak tiga kali lipat gol lebih banyak ketimbang pemain lain dalam skuat timnas Portugal.

Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2020: Portugal Tekuk Serbia 4-2

Timnas Portugal mengemas kemenangan saat menghadapi Serbia dalam laga Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2020. Selecao das Quinas menang 4-2.

Bertandang ke Stadion Rajko Mitic, Minggu (8/9/2019) dini hari WIB, Serbia sempat menyulitkan Portugal di awal laga. Beberapa kali tuan rumah menebar ancaman.

Di menit ketiga, Dusan Tadic mampu melepaskan shot on target ke gawang Portugal. Sepakannya dari dalam kotak penalti masih bisa diredam Rui Patricio.

Portugal merespons serangan itu lima menit berselang. Bruno Fernandes punya ruang tembak yang bagus, namun upayanya masih bisa diblok pemain Serbia. Upaya Cristiano Ronaldo di menit ke-11 juga bisa diredam.

Serbia sesekali masih bisa mengancam. Di menit ke-33, tandukan Aleksandar Mitrovic masih melenceng ke sisi kanan.

Portugal akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-42. William Carvalho mampu menceploskan bola ke gawang Serbia, memanfaatkan crossing Bruno Fernandes yang berujung kemelut. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Ronaldo banyak mengancam untuk menghadirkan gol kedua Portugal. Namun, Goncalo Guedes yang justru bisa menambah keunggulan tim tamu.

Menerima sodoran Bruno Fernandes, Guedes merangsek ke kotak penalti dan melepaskan tembakan kaki kiri yang mengirim bola masuk ke gawang Serbia. Portugal memimpin 2-0.

Tuan rumah sempat memperkecil skor di menit ke-68. Nikola Milenkovic bisa menanduk bola kiriman Dusan Tadic. Skor menjadi 1-2, Serbia memperkecil ketertinggalan.

Ronaldo, yang berkali-kali berusaha mencetak gol, akhirnya mampu merobek gawang Serbia di menit ke-80. Memanfaatkan umpan terobosan Bernardo Silva, Ronaldo bisa meneruskannya menjadi gol. Portugal memimpin 3-1.

Serbia sempat mencetak gol keduanya pada menit ke-85. Aleksandar Mitrovic meneruskan sodoran Tadic dengan sepakan kaki kanan yang berbuah gol. Skor menjadi 2-3.

Namun, Portugal bisa mendapat gol keempatnya di menit ke-88. Kali ini Bernardo Silva ikutan mencatatkan namanya di papan skor, setelah sepakan kaki kirinya mengirim bola bersarang ke pojok kanan gawang Serbia. Skor 4-2 untuk kemenangan Portugal atas Serbia tetap bertahan hingga laga tuntas.

Hasil ini membuat Portugal sementara naik ke posisi dua Grup B dengan raihan 5 poin dari tiga laga. Juara Piala Eropa 2016 itu masih di bawah Ukraina, yang mengoleksi 13 poin dari 5 laga. Di saat bersamaan, Ukraina mampu membungkam Lithuania 3-0.

Luksembug dan Serbia berada di peringkat tiga dan empat dengan 4 poin, dan Lithuania sementara menjadi juru kunci dengan baru mendulang satu poin.

Susunan Pemain

Timnas Serbia: Marko Dmitrovic, Nemanja Maksimovic, Nikola Milenkovic, Matija Nastasic, Aleksandar Kolarov, Nemanja Matic, Luka Milivojevic (Luka Jovic 87′), Darko Lazovic (Adem Ljajic 59′), Dusan Tadic, Filip Kostic (Aleksandar Katai 83′), Aleksandar Mitrovic

Timnas Portugal: Rui Patricio, Raphael Guerreiro, Ruben Dias, Jose Fonte, Nelson Semedo (Joao Cancelo 65′), Danilo Pereira, Goncalo Guedes (Joao Felix 70′), Bruno Fernandes (Joao Moutinho 85′), William Carvalho, Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo