Oezil Setia Arsenal, Sekalipun Masih Sering Jadi Cadangan

Mesut Oezil akan tetap bertahan membela Arsenal meski belum dimainkan musim ini dan dapat tawaran dari klub-klub lain.
Sudah tiga pertandingan dijalani Arsenal di Liga Inggris 2019/2020. Di seluruh pertandingan itu tak sekalipun Oezil diturunkan oleh manajer Unai Emery.

Pada dua pertandingan awal klub asal London Utara itu, Oezil absen karena baru mengalami kejadian kriminal yang mengancam keselamatan dirinya dan Sead Kolasinac. Kala duel pekan ketiga menghadapi Liverpool, ia tidak dimasukkan ke dalam skuat Arsenal.

Belum turun bermainnya Oezil bersama Meriam London menimbulkan spekulasi dari berbagai pihak. Tidak sedikit yang menyebut jika dirinya akan segera hengkang dari Emirates Stadium, sebelum bursa ditutup 2 September.

Pemain berusia 30 itu santer dikaitkan dengan klub asal Amerika Serikat, D.C. United, dan klub asal Turki Fenerbahce. Kedua klub itu dilaporkan bersaing mendapatkan tanda tangan Oezil di musim panas ini.

Namun belakangan Fenerbahce menarik diri dari persaingan mendapatkan Oezil. Klub peserta Liga Turki itu menyatakan tidak sanggup merekrut juara dunia 2014 itu karena kondisi keuangan yang tidak memungkinkan.

Alhasil, D.C. United menjadi klub tersisa yang dilaporkan akan menjadi pelabuhan baru Oezil musim ini. Klub peserta liga Major League Soccer (MLS) menyiapkan pemain berdarah Turki itu sebagai pengganti Wayne Rooney, yang musim ini akan pindah ke Derby County.

Menanggapi rumor transfer tersebut, agen Oezil Dr Erkut Sogut membantah jika sang pemain akan segera hengkang dari Emirates Stadium. Menurutnya, Oezil cukup bahagia berkostum Arsenal dan akan tetap bertahan di musim ini.

Oezil masih menyisakan kontrak dua tahun bersama Arsenal, dengan status sebagai pemain bergaji tinggi di skuat The Gunners (350 ribu euro atau Rp5,5 miliar per pekan). Total sudah enam tahun ia bertahan di Emirates Stadium, usai dibeli pada tahun 2013.

Oezil dan Kolasinac Secara Mental Siap Tempur, tapi…

Mesut Oezil dan Sead Kolasinac mengalami kejadian yang mengancam keamanan mereka jelang musim 2019/2020 dimulai. Manajer Arsenal Unai Emery memastikan keduanya baik-baik saja.

Oezil dan Kolasinac bulan lalu menjadi target dua perampok bersenjata di London. Para perampok malah sempat membuntuti Oezil yang kabur ke sebuah restoran Turki, sampai kemudian dibantu para pegawai untuk mengamankan diri.

Tak lama kemudian, tepatnya pekan lalu, dua orang ditangkap di depan rumah Oezil. Keduanya disangkakan pasal 4a Undang-Undang Ketertiban Umum karena sempat ribut dengan petugas penjaga rumah Oezil.

Buntut dari insiden itu, Oezil dan Kolasinac pun tak masuk skuat Arsenal kala menghadapi Newcastle United di pekan pertama Liga Inggris minggu lalu. Tapi keduanya sudah kembali latihan sepanjang pekan ini dan secara mental siap bermain, kendati secara fisik masih perlu observasi.

“100 persen secara mental siap bermain. Kami rasa mentalitas mereka bagus dan fokus mereka ada dengan kami. Fokus saya adalah untuk bersikap positif dan saya ingin membantu mereka agar hidup dengan normal,” ujar Manajer Arsenal Unai Emery.

“Mereka kembali berlatih dengan kami pada Selasa kemarin. Kami sebenarnya meliburkan hari itu, tapi mereka kembali untuk mulai berlatih. Mesut tidak latihan kemarin karena sakit, tapi sudah latihan hari ini.”

“Keduanya adalah opsi bagus, saya akan mengambil keputusan apakah mereka bisa ikut dengan kami pada Sabtu nanti. Kami akan menunggu sampai besok. Saya tentu saja senang mereka kembali. Adalah hal positif mereka bersama kami sekarang,” imbuhnya dilansir Sky Sports.

Arsenal saat ini berupaya meningkatkan keamanan untuk kedua pemainnya tersebut.

“Klub sedang bekerja dan membantu mereka terkait keamanan. Saya membantu mereka agar fokus ke latihan dan persiapan pertandingan. Pada saat ini mereka kalem dan klub bekerja dengan mereka,” tandas Emery.