Ederson Moraes membuat kesalahan fatal sehingga Manchester City tersungkur di markas Manchester United 0-2. Manajer City Pep Guardiola tak mau menyalahkan.

Memainkan pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Minggu (8/3/2020), City kalah karena gol-gol Anthony Martial dan Scott McTominay di masing-masing babak. Namun, dua gol MU tersebut terjadi karena kecerobohan Ederson.

Kiper Brasil itu gagal menahan tembakan Martial di area tiang dekat yang diawali dari tendangan bebas. Kemudian gol kedua Man United tercipta setelah Ederson melemparkan bola yang mengarah tepat kepada McTominay di luar kotak penalti. Gelandang MU tersebut langsung melepaskan sepakan kencang ke gawang yang kosong karena Ederson berdiri terlalu jauh dari sarangnya.

Selama 90 menit di atas lapangan, Ederson tercatat membuat 48 sentuhan pada bola bahkan lebih banyak daripada outfield player City macam Riyad Mahrez (30), Benjamin Mendy (29), dan Sergio Aguero (24). Dia juga melakukan empat penyelamatan dari total tujuh percobaan MU.

Guardiola memaklumi kesalahan pemainnya itu. “Dia melakukan satu atau dua penyelamatan, dia adalah seorang kiper yang luar biasa,” kata pelatih asal Catalonia tersebut dikutip Daily Star.

“Kesalahan adalah bagian dari permainan. Dia akan bangkit dan dia adalah seorang kiper yang luar biasa,” lugas Guardiola.

Ederson digaet Man City dari Benfica pada musim panas 2017. Kiper berusia 26 tahun ini menjadi pemain andalan Guardiola yang membantu The Citizens memenangi dua musim terakhir Premier League. Di musim ini, Ederson telah membuat 13 clean sheet dan baru kemasukan 27 gol dalam 31 penampilan di semua kompetisi.

Ya Ampun, Ederson!

Bukan hanya sekali melainkan dua kali Ederson Moraes melakukan blunder. Manchester City pun kalah 0-2 di tangan Manchester United di lanjutan Liga Inggris.

City menantang MU di Old Trafford, Minggu (8/3/2020). Pada awalnya, the Citizens menjanjikan setelah beberapa kali mengancam gawang tim tuan rumah, tapi justru kebobolan saat pertandingan berjalan setengah jam.

Dari situasi set-piece, Bruno Fernandes melepaskan tendangan bebas yang diteruskan Anthony Martial dengan sepakan ke arah tiang dekat. Namun, Ederson gagal menghentikan bola dengan sempurna sehingga bergulir masuk ke gawangnya untuk memberi MU keunggulan 1-0.

Setelahnya City mati-matian menggempur pertahanan Setan Merah. Namun, pemain pengganti Scott McTominay yang masuk di menit ke-78 muncul untuk melengkapi pertunjukan horor Ederson.

Usai menangkap bola, kiper Brasil itu secara ceroboh melempar bola ke area kosong di luar kotak penalti City. McTominay buru-buru mengejar bola lalu dengan jeli melihat posisi Ederson yang berdiri di jauh depan gawangnya.

Boom! McTominay melepaskan sepakan kencang jarak jauh yang meluncur deras masuk ke gawang yang kosong sebelum Ederson sempat kembali ke tempatnya. MU unggul 2-0 sekaligus memastikan kemenangan.

Dengan hasil ini, City tetap di peringkat kedua klasemen Liga Inggris tapi kini tertinggal 25 poin dari Liverpool yang menduduki urutan teratas. Sedangkan MU mengintai empat besar usai menempati posisi kelima dengan selisih tiga poin dari Chelsea di posisi atasnya.