Bintang muda Chelsea, Billy Gilmour, mengaku pernah ‘dirundung’ kapten Manchester United, Harry Maguire. Hal itu membuat dirinya semakin tangguh di lapangan.

Gilmour menjadi pembicaraan hangat saat Chelsea menghadapi Liverpool di Piala FA, Rabu (4/3/2020). Gelandang The Blues itu tampil impresif di lini tengah dan mengantarkan timnya menang 2-0, sekaligus menjadi Man of the Match di laga tersebut.

Selama 90 menit pertandingan, pemain 18 tahun itu membuat dua tekel, memenangi semua duel-duel udara, serta membuat satu peluang. Gilmour bahkan mampu mengolongi gelandang Liverpool, Fabinho, menjelang pertandingan berakhir.

Terkait kemampuannya di tengah lapangan menghadapi pemain-pemain yang lebih senior, Gilmour mengaku dirinya belajar dari Maguire. Pemain asal Skotlandia itu menyebut bek timnas Inggris tersebut ‘merundungnya’ saat Chelsea takluk 1-2 dari MU di Piala Liga Inggris beberapa waktu lalu.

“Dia mendorong saya, mencengkram leher saya. Dia bahkan menyebut saya sebagai bocah ingusan. Itu sesuatu yang harus saya hadapi, tetapi saya tak akan membiarkan hal seperti itu terjadi lagi,” kata Gilmour seperti dikutip dari Daily Mail.

“Itu adalah sebuah pelajaran. Dia mencoba untuk merundung pemain-pemain muda dan di sana saya belajar bagaimana caranya menjadi pemain tangguh,” dia menambahkan.

“Saya belajar dari situ dan saya harus bisa lebih kuat. Memang, sih, itu pelajaran yang keras ketika dia mencengkram saya di kotak penalti,” demikian kata Gilmour.

Berkat penampilan gemilangnya di lapangan, Gilmour mendapat kepercayaan dari manajer Frank Lampard untuk mengisi lini tengah Chelsea. Terlebih, klub asal London itu banyak kehilangan pemain di sektor gelandang akibat cedera, semisal Mateo Kovacic, N’Golo Kante dan Ruben Loftus-Check.