Arsenal Diam-diam Sudah Masuk Tiga Besar

Rasa-rasanya belum lama Arsenal ada di papan tengah klasemen. Tapi, kini The Gunners tiba-tiba saja sudah menduduki posisi ketiga di belakang Manchester City.

Setelah meraih dua kemenangan di awal musim atas Newcastle dan Burnley, grafik penampilan Arsenal lantas menurun. Diawali kekalahan 1-3 dari Liverpool. Arsenal lantas diimbangi Tottenham Hotspur dan Watford.

Barulah mereka bangkit usai mengalahkan Aston Villa 3-2, mengimbangi Manchester United 1-1, dan terakhir menang tipis 1-0 atas Bournemouth, Minggu (7/10/2019) malam WIB.

Arsenal harus susah payah mengalahkan Bournemouth lewat gol semata wayang David Luiz di babak pertama. Meski hanya memang selisih satu gol, hasil itu sudah cukup memuaskan manajer Unai Emery.

Apalagi berkat tambahan kemenangan itu, Arsenal kini menempat posisi ketiga klasemen dengan 15 poin, selisih satu angka dari City di posi kedua. Wow!

“Itulah misi kami hari ini. Itu sangat penting untuk kepercayaan diri kami,” ujar Emery soal keberhasilan melewati Leicester di posisi ketiga.

“Mungkin kami agak sedikit kesulitan di babak kedua dan mungkin kami merasakan tekanan di beberapa momen,” sambungnya seperti dikutip Sportskeeda.

“Bagi saya ini adalah kemajuan untuk para pemain muda, untuk kami. Kami tidak merasa takut ketika lawan menekan kami.”

“Kami sangat senang dengan hasil itu dan sangat bangga,” tutupnya.

Kemenangan atas Bournemouth juga mempertegas kehebatan Arsenal di partai kandang di era Emery. Hanya Liverpool (21) dan Manchester City (20) yang punya kemenangan kandang lebih banyak ketimbang Arsenal (17).

Arsenal Vs Bournemouth: The Gunners Menang Tipis 1-0

Arsenal kembali ke jalur kemenangan usai mengalahkan tim tamu Bournemouth dengan skor 1-0. Kemenangan ini melambungkan Arsenal ke posisi tiga besar di klasemen.

Memainkan laga Liga Inggris di Stadion Emirates, Minggu (6/10/2019) malam WIB, David Luiz menjadi penentu kemenangan Arsenal. Bek asal Brasil itu menciptakan satu-satunya gol di menit kesembilan.

The Gunners hampir menciptakan gol keduanya di penghujung pertandingan. Namun, usaha Pierre-Emerick Aubameyang hanya mengenai mistar gawang.

Hasil ini menandai kembalinya Arsenal ke jalur hijau setelah bermain imbang 1-1 di markas Manchester United di pekan ketujuh. Dengan tambahan tiga poin, Meriam London naik ke peringkat tiga klasemen Liga Inggris usai mengoleksi 15 poin, terpaut satu poin dari juara bertahan Manchester City [2], dan sembilan poin dari Liverpool di urutan teratas.

Jalannya Pertandingan

Arsenal nyaris membuka keunggulan di menit keenam. Dari kerja sama dengan Bukayo-Saka, Pierre-Emerick Aubameyang melepaskan tembakan melengkung yang melebar tipis dari gawang Bournemouth.

Hanya tiga menit kemudian, gol pertama Arsenal pun tercipta. Sundulan David Luiz membawa tim tuan rumah memimpin 1-0, setelah menyelesaikan bola hasil tendangan sudut Nicolas Pepe.

Giliran Pepe mengancam. Lagi-lagi Bukayo-Saka menjadi kreator, bola diterima Pep sebelum diteruskan dengan tembakan meski masih melambung dari gawang Aaron Ramsdale.

Arsenal mengklaim penalti di menit ke-24. Menyusul pelanggaran Diego Rico terhadap Pepe, tapi wasit menolak. Pertandingan diteruskan.

Bournemouth kesulitan menciptakan peluang bersih. Arsenal tidak membiarkan lawannya itu mengembangkan permainannya.

Dua menit jelang turun minum, Pepe dijatuhkan Rico lagi dari belakang di kotak penalti. Pemain-pemain Arsenal mengklaim penalti, tapi wasit memilih memeriksa dengan VAR lalu memutuskan tidak ada hadiah penalti.

Setelah tertekan di sepanjang babak pertama, Bournemouth menciptakan peluang terbaiknya di menit ke-56. Sebuah umpan mendatar membelah pertahanan Arsenal yang diterima Jack Stacey. Pemain yang disebut terakhir melepaskan tembakan dari sudut sempit meski bisa ditangkis Bernd Leno.

Bournemouth mulai menambah agresivitasnya. Harry King menemukan Joshua Wing di sisi sayap sebelum mengirim umpan silang kepada Ryan Fraser. Calum Chambers mesti melakukan sapuan sehingga hanya menjadi sepak pojok.

Bournemouth membuang kesempatan menciptakan peluang dari serangan balik yang menjanjikan di menit ke-84. Danjuma Groeneveld kehilangan bola setelah King membangun serangan bagus.

Matteo Guendouzi membuat intersepsi krusial semenit sebelum waktu normal berakhir. Jefferson Lerma mengirim umpan tarik ke tengah kotak menuju Danjuma. Namun sebelum bola bisa dijangkau Danjuma, Guendozi sukses menghalau.

Di masa injury time, Aubameyang nyaris memperbesar keunggulan Arsenal. Menerima umpan Chambers, Aubameyang menusuk lini pertahanan Bournemouth sebelum penyelesaiannya membentur mistar gawang.

Susunan Pemain

ARSENAL: Leno, David Luiz, Sokratis, Kolasinac, Chambers, Xhaka, Dani Ceballos (Willock 75′), Guendouzi, Bukayo-Saka (Torreira 82′), Aubameyang, Pepe (Martinelli 63′)

BOURNEMOUTH: Ramsdale, Cook, Ake, Diego Rico, Stacey (Francis 79′), Lerma, Wilson, Billing, Wilson (Groeneveld 79′), King, Solanke (Fraser 63′)